Minggu, 11 Januari 2009

Anak Jalanan

Potret Kehidupan anak jalanan







Kisah Mereka tak? Seindah Kalian.

Bagi kita, remaja yang memiliki orang tua berkecukupan, tentu kehidupan ini biasa dilalui dengan indah. Apalagi yang bisa mengecap nikmatnya bangku sekolah.
Selain bisa mendapatkan pendidikan sebagai bekal masa depan, kita juga bisa merasakan romantika remaja di sekolahan. Kata sebagian orang, nantinya kenangan yang paling dikenang adalah masa-masa indah di sekolah.

Namun bagaimana mereka yang tidak bisa mengenyam kehidupan yang menyenangkan seperti remaja lain? Padahal di sekeliling kita begitu banyak remaja yang orang tuanya tak mampu, bahkan tidak punya sama sekali. Seperti Dewi misalnya, seorang anak jalanan yang ditemui di atas bis, belum lama ini. Yap, kehidupan cewek tangguh berusia 14 tahun ini adalah potret sisi lain kehidupan remaja masa kini yang benar-benar berbeda.

Hari-hari Dewi lebih banyak dihabiskan di jalanan dan di angkutan umum. Tak ada waktu untuk ikut meramaikan kegiatan remaja maupun tempat hiburan lainnya. Apalagi untuk shopping di toko-toko distro dan berburu pakaian model terbaru. Dewi juga tak melanjutkan sekolah sehabis tamat SD. Alasan ekonomi katanya.

Karena itu, Dewi pun terjun ke dunia kerja. Waktunya tersita untuk bekerja dan mengumpulkan rupiah. Tak ada euforia berlebihan dan warna-warni kehidupan remaja masa kini di dirinya. Matanya nanar ketika menceritakan itu.

Nah, adakah teman-teman remaja peduli akan kehidupan yang dilakoni Dewi? Ataukah remaja masa kini hanya sibuk dengan tren fashion dan hura-hura di party-party?










by: Neny Novitriana


Tidak ada komentar:

Posting Komentar